Speed Typing

3 Website untuk Tingkatkan Kecepatan Mengetik

Posted on

Bekerja kantoran adalah impian bagi sebagian orang. Tidak harus berpanas-panas di bawah terik matahari, bekerja dibalik meja jelas menyenangkan. Tapi ada salah satu keahlian akan sangat kamu butuhkan, bila ingin ‘nyaman’ bekerja di ruangan ber-AC. Ya. Keahlian mengetik. Terdengar¬†sepele, namun kenyataannya keahlian ini memang wajib untuk dikuasai. Mengetik secara cepat atau dalam bahasa awam bisa mengetik dengan 10 jari dapat menjadi nilai tambah. Untuk mencapai itu, kamu harus sering berlatih. Salah satunya adalah dengan berlatih meningkatkan kecepatan mengetik secara online. Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa website untuk membantu tingkatkan kecepatan mengetik.

Kenapa Keahlian Mengetik Sangat Dibutuhkan?

Memiliki keahlian mengetik dapat menjadi nilai tambah untuk kamu yang memilih berkarir di balik meja. Di antaranya pekerjaan akan menjadi semakin cepat terselesaikan. Ada beberapa pekerjaan yang menuntut keahliah mengetik secara cepat. Menjadi notulis misalnya. Seorang notulis dituntut untuk dapat mendokumentasikan isi suatu rapat, berikut semua isi dialognya, dalam sebuah catatan tertulis. Yang berarti notulis harus mampu ‘beradu kecepatan’ mengetik dengan pembicaraan dalam rapat.

Kemampuan mengetik secara cepat adalah sesuatu yang dapat dilatih. Salah satunya dengan mengetahui posisi atau susunan keyboard dengan jari-jari, karena umumnya orang lambat mengetik karena harus melihat layar dan keyboard secara bergantian.

Latihan untuk membiasakan jari-jari agar hapal posisi setiap tuts keyboard, dapat dilakukan di rumah. Ada banyak situs website yang disediakan khusus untuk orang yang ingin meningkatkan kemampuan dan kecepatan mengetik.

Beberapa Website untuk Membantu Tingkatkan Kecepatan Mengetik

10 Fast Fingers (https://10fastfingers.com/)

10 Fast Fingers Kecepatan Mengetik

Website pertama yang kita bahas adalah 10 Fast Fingers. Salah satu nilai tambah dari website ini adalah kamu dapat memilih bahasa yang ingin kamu gunakan untuk berlatih meningkatkan kemampuan mengetik.

Tantangannya adalah kita harus mengetik kata-kata yang muncul secara acak dalam waktu 1 menit. Semakin cepat dan tepat kamu mengetik, kamu akan mendapat hasil WPM (word per minute) yang tinggi. WPM adalah satuan yang umum digunakan untuk menilai kecepatan mengetik sesorang. Tertarik mencobanya?

Baca Juga:  Trik Membuat Daftar Isi Otomatis

Type Racer (https://play.typeracer.com/)

Type Racer

Situs ini mungkin cocok untuk kamu yang ingin berlatih meningkatkan kecepatan mengetik dan sekaligus bisa seru-seruan layaknya orang yang sedang balapan.

Kecepatan mobilmu akan ditentukan dengan kecepatan mengetik yang kami lakukan. Semakin tinggi WPM, kamu akan semakin cepat memenangkan balapan tersebut.

Z Type (https://zty.pe/)

Z Type

Kalau situs yang satu ini, mungkin sedikit mirip dengan permainan pesawat luar angkasa yang harus menghancurkan pesawat alien yang datang menyerang. Bedanya, tidak ada pesawat alien sebagai lawan kamu. Yang ada adalah kumpulan kata-kata yang harus kamu ketikkan bila ingin menghancurkannya.

Semakin cepat kamu ‘menghancurkan’ kata-kata yang ada, maka semakin cepat kamu menyelesaikan setiap tahapannya. Seru bukan?

Sumber:

Freepik (Gambar)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *