Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WordPress

Posted on

CMS WordPress

Blogging saat ini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan untukmu. Terlebih bila kamu memiliki hobi menulis dan menyalurkan pemikiran-pemikiranmu. Salah satu wadah untuk menyalurkan hobi menulismu adalah dengan penyedia layanan blog WordPress.

WordPress merupakan penyedia Content Management System (CMS)  populer dengan pangsa pasar mencapai 30% di seluruh dunia. Kemudahan mulai dari instalasi, kustomisasi, pengelolaan konten, hingga performa dan keamanan membuat WordPress menjadi sangat populer.

Seperti yang pernah ditulis pada artikel 5 Penyedia Jasa Blog Gratis Terpopuler, WordPress terbagi atas 2 jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.Org yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

WordPress.com

WordPress.com merupakan penyedia layanan blog gratis yang dapat kamu gunakan untuk memulai menulis secara online. Mendapatkan subdomain dari wordpress.com membuatmu dapat menyebarkan tulisan secara luas di dunia maya.

Akses Website WordPress.com

Kelebihan WordPress.com

Paket gratis dari wordpress.com memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan dari paket tersebut adalah:

  1. Storage 3GB. Dengan penyimpanan sebesar itu, sudah cukup bagi kamu yang ingin menjajaki dunia blog. Kamu sudah bisa untuk membagikan gambar, video, file secara luas langsung dari storage blog kamu.
  2. Update Gratis dan otomatis dilakukan oleh wordpress.com. Kamu tidak perlu bingung untuk memastikan layanan website / blog kamu tetap up to date. Karena itu sudah menjadi layanan dari wordpress.com. Kamu cukup fokus memikirkan konten yang akan kamu bagikan.

Kekurangan WordPress.com

Paket Gratis (free plan) dari wordpress.com memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan dari paket ini adalah:

  1. Fitur TerbatasFree Plan pada wordpress.com memperoleh fitur yang sangat terbatas. Kamu tidak dapat menggunakan tema premium, kesulitan dalam monetisasi website, tidak bisa upload plugin, dan pembatasan-pembatasan lain.
  2. Harga Upgrade Plan. Harga upgrade plan wordpress.com tidak bisa dikatakan murah, meskipun hal itu masih relatif. Untuk paket premium (tengah-tengah) kamu harus menyiapkan dana Rp89.400,- per bulan yang dibayarkan setahun sekali atau sebesar Rp1.072.000,- per tahun. Kembali lagi, persoalan harga adalah relatif.
Baca Juga:  Fungsi Plugin pada Wordpress

 

WordPress.Org

WordPress.Org juga dikenal sebagai WordPress Self Hosting. Karena kamu dapat menggunakan keseluruhan fitur wordpress namun kamu harus memiliki jasa layanan hosting sendiri. Setelah kamu download CMS WordPress dari situs WordPress.Org , kamu dapat melakukan kustomisasi apapun yang kami inginkan dari CMS tersebut.

Kelebihan WordPress.Org

Dengan menggunakan WordPress.Org, kamu akan memperoleh kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

  1. Kendali penuh atas website. Kamu bisa upload plugin, melakukan kustomisasi sekehendakmu, menerapkan tema-tema premium dan segala yang memungkinkan dilakukan dapat kamu terapkan secara bebas.
  2. Lebih mudah digunakan untuk menghasilkan uang melalui adsense. WordPress Self Hosting memungkinkan kamu lebih mudah memonetisasi website kamu dan menghasilkan uang darinya.

 

Kekurangan WordPress.Org

Meski demikian, ada beberapa kekurangan dalam menggunakan WordPress.Org, yaitu sebagai berikut:

  1. Repot karena segalanya harus dilakukan sendiri. Kamu harus melakukan upgrade wordpressmu sendiri dan update plugin-plugin yang ada. Meski hal tersebut dapat diatur secara otomatis, tapi ada risiko gagal update / gagal upgrade yang dapat menjadi masalah dalam keberlangsungan websitemu.
  2. Biaya Hosting. Sama halnya dengan biaya upgrade paket pada wordpress.com, biaya hosting (dan biaya sewa domain) juga merupakan hal yang relatif. Biaya hosting sangat bervariasi tergantung dari penyedia layanan dan paket hosting yang dipilih. Salah satu penyedia hosting adalah Niagahoster yang kamu dapat akses di sini.

 

Kesimpulan

Bila kamu ingin mulai menjajaki blogging dan website, kamu bisa mencoba menggunakan wordpress.com. Karena kamu cukup fokus pada optimasi konten yang menarik dan mencerminkan passionmu.

Namun, bila kamu ingin terjun lebih dalam dan ingin menghasilkan pendapatan tambahan, mungkin kamu bisa melirik WordPress Self Hosting. Karena kebebasan dan kemudahan dalam kustomisasi dan monetisasi websitemu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *