Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Posted on

Pernahkah kamu mendengar quote berikut:

“Uang bukanlah segalanya, tapi sekarang segalanya butuh uang”

Quote tersebut adalah quote yang sederhana, namun begitu mengena. Betapa uang menjadi suatu hal yang sangat penting, meski bukan segalanya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara mendapatkan uang dari internet. Saya tidak mengatakan cara-cara di bawah ini mudah, namun dapat kamu coba bila ingin mendapat penghasilan pasif tambahan.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula Simak di sini

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang dapat kamu coba. Mulai dari blogging, menjadi youtuber, freelancer hingga menjadi responden suatu website penyelenggara survei berbayar.

Blogging

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis dan ingin mendapatkan uang dari internet melalui tulisan-tulisanmu, blogging adalah win win sollution yang tepat. Dengan menjadi blogger, kamu dapat mencurahkan buah pikiran dan berpotensi dibaca oleh orang banyak. Hanya saja sebagai langkah awal dalam menulis di media blog, sebaiknya kamu jangan berorientasi ingin mendapatkan cuan. Lebih baik berfokus dalam membuat tulisan-tulisan yang berkualitas.

Tulisan yang berkualitas dengan memperhatikan kaidah-kaidah SEO (Search Engine Optimization) akan dengan sendirinya menarik minat pembaca dunia maya untuk berkunjung ke blog / website kamu. Traffic pengunjung inilah yang kemudian dapat mendatangkan pundi-pundi uang masuk ke rekeningmu. Dengan banyaknya pengunjung, peluangmu untuk mendapatkan iklan melalui Adsense akan semakin tinggi. Meskipun tidak melalui penyedia iklan tersebut, kamu dapat menawarkan pemasangan iklan kepada relasi / kerabatmu yang memiliki usaha-usaha masing-masing.

Penyedia blog gratisan dapat menjadi langkah awal untuk memulai perjuanganmu menjadi seorang blogger. Ingin tahu penyedia layanan blog gratis, silahkan baca di sini.

Menjadi YouTuber

YouTube saat ini menjadi salah satu sumber hiburan dan media mendapatkan informasi digital yang sangat diminati. Bila kamu memiliki hobi videografi, tentu menjadi YouTuber adalah pilihan tepat untuk mendapatkan uang dari internet. Penghasilan dari YouTube cukup besar dan bahkan dapat mencapai ratusan juta hingga milyaran dalam 1 bulan. Tentu hal tersebut dapat tercapai dengan jumlah pengikut (subscribber) dan jam tayang yang tinggi.

Baca Juga:  Tips Memulai Jadi Youtuber

Menjadi YouTuber yang dapat menghasilkan pendapatan, minimal harus memiliki 1000 Subs dan 4.000 jam tayang. Jumlah yang tidak terlalu tinggi bila kamu memiliki konten yang menarik dan unik. Namun akan sangat sulit dicapai bila kontenmu adalah konten yang umum dan kurang menarik.

Seperti halnya menulis blog, lebih baik bila kamu yang ingin mencari uang melalui platform YouTube lebih mementingkan konten yang baik dan berkualitas. Dibandingkan langsung memasang target untuk mendapatkan uang. Karena hal tersebut bisa membuatmu kecewa dan putus asa, saat apa yang kamu harapkan tidak sesuai dengan hasil yang kamu peroleh. Nikmati prosesnya.

Menjadi Freelancer

Kamu memiliki keahlian tertentu, seperti editing foto, editing video, pandai menulis, atau lebih dari itu memiliki keahlian di bidang programming / IT. Freelancer dapat menjadi pilihanmu dalam mencari uang melalui internet. Beberapa situs freelance populer yang dapat kamu kunjungi sebagai berikut:

  1. Projects.co.id
  2. Sribu
  3. Sribulancer
  4. Fiverr

Pada situs-situs tersebut, selain kamu dapat menjual / menawarkan jasa dan keahlianmu, kamu juga bisa mencari orang-orang yang membutuhkan jasa-jasa yang mungkin cocok dengan keahlianmu.

 

Jualan Foto Secara Online

Kamu punya hobi fotografi? Dan ingin mendapatkan uang dari internet melalui karya fotomu. Beberapa website berikut dapat kamu coba untuk mempublikasi dan menghasilkan uang dari fotomu. Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi bila ingin menjual hasil foto terbaikmu:

  1. Eyeem
  2. Shutterstock
  3. Getty Images

Persaingan untuk dapat menjual fotomu mungkin tidak mudah. Karena mungkin ada ribuan fotografer dari amatir hingga profesional juga melakukan hal ini. Namun masih lebih baik mendapatkan pasif income dari fotomu, daripada foto-fotomu harus tersimpan dalam harddisk.

 

Mengikuti Survei Berbayar

Bahkan bila kamu sedang mager (malas gerak), kamu masih bisa menghasilkan uang dari internet dengan cara mengikuti situs penyedia survei berbayar. Cukup bermodalkan kejujuran selain daripada smartphone atau laptop dan internet, kamu bisa mengumpulkan poin / rupiah dan dollar dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan survei.

  1. Populix
  2. Viewfruit
  3. Mobrog

Contoh penghasilan dengan mengikuti survei berbayar:

Baca Juga:  5 Penyedia Jasa Blog Gratis Terpopuler

mendapatkan penghasilan dengan populix

Sumber:

https://www.toiletbisnis.com/cara-mendapatkan-uang-dari-internet/ (gambar)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *